Sabtu, Oktober 25, 2008

(Terlalu) (ber) Prinsip

Banyak banget yang bilang gua terlalu berprinsip. Terlalu idealis (really??). Apa salahnya punya prinsip. Setiap orang berhak punya prinsip kan?
Dan menurut gua, dalam hidup (yang semakin menggila!) kita emang harus dituntut untuk berprinsip kan? Apalagi untuk diri kita sendiri.
Dan itu terbukti banyak manfaatnya kok. Terutama untuk gua yang sering (banget) diremehin karena gua cewek. Why? Gua kan ga bisa milih ato minta ke Tuhan, gua mau jadi cowok ato cewek? Dan menurut gua jadi cowok ato cewek, masing-masing punya kelebihan dan tanggung jawab. Dan, sah-sah aja doong kalo cewek juga pengen berdikari kayak cowok?? Asal bisa bersaing secara sehat, ga pa pa kan?

Untuk ke sekian kalinya gua dapet cibiran dari seorang klien (ceileeh.. yang punya klien..) tempat gua kerja freelance. Gua pikir, seorang pria (usianya sekitar akhir 40an) yang berpendidikan ga akan berpikir seperti itu. Hal yang menurut gua pemikiran seperti itu kayak pemikiran orang yang picik banget. Tapi, saat dia nanya-nanya tentang gua dan bilang kayak gitu, asli deeh.. gua (secara pribadi) jadi ga respek lagi ma tu orang. Dia awalnya mikir gua pegawai yang lagi di-training (bukan mahasiswa). Tadinya malah sempet kaget waktu dia tau kalo gua masih mahasiswa (walaupun udah semester akhir). Terus dia juga nanya status gua. Eh, buntut-buntutnya dengan muka sinis dia bilang.. “ngapain siih mbak ngoyo kayak gitu. Bagusnya tu setelah kuliah langsung kawin. Masa’ ga ada yang naksir mbaknya? Cewek kan kodratnya nemeni suami. Ikut suami. Toh nanti kalo udah punya anak kan kewajiban istri jadi bertambah jadi seorang ibu juga yang harus bisa ngurus anak. Kalo mbak ngoyo terus nanti siapa yang ngurus rumah, suami ma anak? Ya kan??”

Dan jawaban dia ga gua iya-kan. Gua cuma senyum aja. Dengan senyum sinis, tentunya. Coz gua bener-bener ga bisa nerima statement-nya dia barusan. Enak aja dia bilang kayak gitu. Percuma doonk perjuangan bokap-nyokap gua buat ngebiayain kuliah gua yang semakin melejit?! Percuma juga doonk gua ngelembur-ngelembur bikin tugas ampe ga tidur biar bisa ngejar target nilai gua kalo akhirnya dianggurin tanpa dimanfaatin sama sekali?! Percuma juga doonk perjuangan Ibu Kartini kalo masih ada statement kayak gitu?! Statement manusia jaman batu. Egois banget siih?!! Oouuff... berasa tambah berat aja perjuangan gua buat ngebuktiin ke mereka-mereka itu, kalo cewek juga bisa dan berhak berdikari kayak mereka. tanpa meninggalkan status dan tanggungjawab sebagai cewek, tentunya.

Balik lagi ke klien itu. Gua tadinya udah mo nyolot aja. Mo ngebantah statementnya dia yang ‘berat sebelah’. Tapi, ditahan ma temen gua yang sekaligus senior gua. Ya udahlah. Kedongkolan gua akhirnya cuma gua simpen aja.

Dulu juga, sempat ada yang komen ga kalah pedesnya dari dia. Intinya sama lah. Kodratnya cewek tu di rumah. Yang nyari duit suami. Malah, ada seorang dosen yang ngelecehin gua. Dikiranya nilai gua hasil dari ngerayu para dosen tanpa mikir sama sekali. Hellooow.. ini udah jaman demokrasi, Bung. Bukan jaman Orde Baru lagi. Bukan Jaman Batu lagi. Pliiis deeh.. Bete banget ga siih???

Sebenernya gua juga bisa fleksibel kok. Ga ngoyo kayak kata mereka. ga terlalu berprinsip juga saat ngerjain sesuatu. Tapi, kalo menyangkut diri gua pribadi, boleh doonk gua berprinsip. Mo jadi apa gua kalo gua ga punya prinsip? Dan kalo terjadi sesuatu yang ga mengenakkan kan yang nanggung gua sendiri, bukan mereka ato orang lain??

1 komentar:

radietya10 mengatakan...

ga lu tonjok chi??
biasanya kan kalo ada yang ngomong gitu elu langsung beraksi :D