Selasa, September 23, 2008

Korban kemajuan teknologi

Beberapa waktu lalu, ke ATM di dekat rumah. Niatnya mau mengecek saldo. Kalo untung masih ada uangnya ya bisa diambil. Tapi, aneh. Saat saya memasukan kartu ATM dan sudah hampir berhasil mengecek saldo, tiba terjadi masalah. Entah mesinnya yang bermasalah atau apanya. Katanya (mesin ATM), terjadi penyalah gunaan kartu. Ha? Aneh. Beberapa kali pake kartu yang sama dengan PIN yang sama pula, belum pernah terjadi hal seperti itu. Akhirnya, saya berniat akan membatalkan rencana saya. tapi ketika saya akan mencabut kartu ATM.. Looohh?? Kok ga bisa?? Doooh...
Sempat panik juga, jadinya. Akhirnya setelah (agak) memaksa, saya bisa mengeluarkan ATM yang sempat ‘disandera’ si mesin. Fiuuuh...
Terulang lagi... dulu kakak saya yang jadi korban. Entah dengan mesin ATM yang mana. Dan sekarang, saya lah korban yang kesekian.
Jadi agak trauma juga..

Dan barusan, saat saya hendak giliran memakai komputer, kembali saya dibuat kaget. Dengan ulah anak-anak sekolah jaman sekarang. Tau apa yang mereka buka? Ternyata sekian jam mereka ngenet, bukan untuk mencari bahan-bahan tugas sekolah. Tapi untuk mencari video-video kartun BF! Tidak hanya kartun. Tapi juga video BF lainnya. Astaghfirullah.....
Prihatin...

Ga mau sok suci atau munafik. Saya memang pernah ditawari oleh teman saya. untuk membuka video-video ‘panas’ tersebut. Pernah juga, tanpa sengaja membuka ‘gambar-gambar’ milik seorang teman. Tapi, kemudian langsung saya close! Malah, ada yang dengan sadisnya bilang, "hidup tuh jangan lurus-lurus aja chi.."
Hmm, gitu ya? Ternyata pendapat orang tentang saya seperti itu ya? Baru tau ;P
Apa dia masih akan berkata seperti itu ya, kalo dia tau, saya pernah ‘jatuh’ beberapa kali dan hampir tidak bisa berdiri. Pernah di teror orang; diperlakukan seperti ‘ayam kampus’(dikira semua mahasiswi kerjaannya cuma ngerayu pria berduit); pernah dimaki-maki, katanya saya ga punya perasaan, nyakitin orang seenaknya aja; pernah temenan (akrab) sama preman sekolah; pernah dicap cewek yang ga bener (hanya karena fitnah murahan); pernah hampir salah langkah karena baru tau tentang kenyataan yang benar-benar pahit; dsb, dsb.

Memang banyak yang belum saya tau. Tapi saya yakin suatu saat saya akan tau saat memang sudah tiba waktunya. Buat apa maksain pengen tau, kalo belum boleh tau? Yang malah ujung-ujungnya jadi nyuri-nyuri pengen tau. Dengan cara yang ga bener, pula. Haduh, ga banget deeh. Dan saya sendiri lah yang harusnya bisa menyeleksi untuk diri saya sendiri. Apakah sesuatu itu, sangat penting untuk saya tau, ada gunanya atau ga. Mau dibilang kuper kek, masih lugu kek, bodo amat. Percuma juga kalo ngerti teknologi tapi untuk buka-buka yang ga penting kayak gitu. Manfaatnya apa siih? Ga ada kan? Yeah, paling ga buat saya. Jadi ngeri juga mikirin anak-anak abege (SMP) jaman sekarang. Lebih dewasa sebelum waktunya. Bahaya lagi, kalo ga ada pengawasan dari yang lebih dewasa. Ga kayak jaman saya abege dulu. Hape juga masih baru-barunya masuk indonesia. Paling-paling, baca komik, atau nonton ke bioskop. Itupun jarang banget. Paling, kumpul ma temen-temen ato aktif di ekskul sekolah.

Kalo sekarang? Hape anak-anak yang masih sekolah pun tidak kalah canggihnya dengan hape orang dewasa. Walaupun kalo dilihat dari manfaat, mobilitas mereka juga masih sedikit. Ya..ya.. Begitu cepatnya teknologi berubah-ubah. Semoga juga dibarengi dengan pengawasan dari orangtua dan guru, agar mereka tidak salah melangkah..

Tidak ada komentar: